BAGAIMANA CARA BOOKING

1Review/Booking Order Anda
2Konfirmasi Pemesanan Anda

Apabila ada Masalah, Silahkan hubungi kami via Email:jogjarentalmobil@gmail.com atau Tel: 087838827717. Terima Kasih ! : jogjarentalmobil@gmail.com or Tel: +62 0878 3882 7717. Thank You !

CUSTOMER SUPPORT HOURS

Monday-Friday 7:00AM - 7:00PMSaturday-Sunday 7:00AM - 9:00PM HOTLINE SERVICES Ready on 24 X 7

FORGOT YOUR DETAILS?

Candi Sambisari – Kemegahan yang Terkubur Selama Ratusan Tahun

by / Maret 28, 2015 / Published in travel blog

Candi Sambisari Tetap Memesona Meski Sempat Tak Dihiraukan

Candi Sambisari adalah salah satu candi megah di Indonesia yang sempat terkubur dan keberadaannya pertama kali ditemukan pada tahun 1966. Butuh waktu 21 tahun untuk menggali dan membangun ratusan teka-teki dari potongan batu ini sebelum akhirnya Candi Sambisari berdiri kokoh. Penemuan ini bermula ketika Karyowinangun tidak memiliki firasat apa yang akan terjadi pada satu pagi tahun 1966. Ketika ia sedang mempersiapkan tanah untuk budidaya dengan cangkul, ia merasa mengenai batu besar. Ketika ia melihat batu tersebut, batu itu memiliki ukiran di dalamnya. Karyowinangun dan masyarakat bertanya-tanya tentang keberadaan batu. Setelah diteliti ternyata batu ini menjadi salah satu puzzle yang terlepas dari bangunan candi yang megah ini.

Kecantikan yang Tak Pernah Memudar

Setelah 21 tahun restorasi, kita akhirnya dapat menikmati keindahan candi Sambisari. Bangunan ini dinamai Sambisari karena berdiri megah di Dusun Sambisari Desa, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat mencapai tempat ini dengan pergi ke arah timur melalui jalan Jogja-Solo sampai Anda melihat papan nama mengarahkan ke candi ini. Sesampainya di areal candi, Anda akan disambut dengan tumpukan batu kurang dari 2 meter. Pada faktanya, justru candi ini memiliki tinggi 6,5 meter di bawah tanah. Diperkirakan dibangun antara 812-838 sebelum masehi di bawah pemerintahan Rakai Garung, kompleks candi ini terdiri dari 1 candi induk dan 3 candi pendukung. Ada 2 pagar yang mengelilingi kompleks candi dan bagian pagar ini benar-benar dilakukan rekonstruksi ulang. Bangunan induk dari candi ini sangat unik, di mana candi ini tidak memiliki basement seperti candi-candi lain di Jawa. Inilah alasan mengapa Anda harus mengunjungi Candi Sambisari.

Mudah untuk Mengunjungi Candi Sambisari

Banyak jalan untuk mengunjungi kompleks wisata yang megah ini, salah satunya adalah dengan cara menyewa mobil. Dengan menyewa mobil, Anda tak perlu takut tertinggal jadwal angkutan umum, dan bahkan Anda bisa berhenti di mana pun Anda suka dan berkeliling kota Jogja lebih lama.

TOP