BAGAIMANA CARA BOOKING

1Review/Booking Order Anda
2Konfirmasi Pemesanan Anda

Apabila ada Masalah, Silahkan hubungi kami via Email:jogjarentalmobil@gmail.com atau Tel: 087838827717. Terima Kasih ! : jogjarentalmobil@gmail.com or Tel: +62 0878 3882 7717. Thank You !

CUSTOMER SUPPORT HOURS

Monday-Friday 7:00AM - 7:00PMSaturday-Sunday 7:00AM - 9:00PM HOTLINE SERVICES Ready on 24 X 7

FORGOT YOUR DETAILS?

Cerita Dibalik Taman Sari di Jogja, Istana Air Kuno di Kota Gudeg

by / April 6, 2015 / Published in Persewaan Mobil di Yogyakarta

Keindahan istana air taman sari, memang menyimpan tanda tanya mengenai asal-usul istana tersebut. Cerita dibalik Taman Sari sendiri tidak terlepas dari keberadaan Keraton Jogja yang merupakan salah satu pecahan perjanjian Giyanti.  Pada zaman dahulu kala, konon Taman Sari didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat untuk kereta kuda yang singgah dalam perjalanan ke Imogiri. Proyek besar ini ditangani oleh Tumenggung Mangundipuro dan didanai oleh Bupati Madiun. Salah satu arsitek yang diduga terlibat dalam pembangunan istana air ini adalah Demang Tegis, yang merupakan seorang berkebangsaan Portugis. Konon, selain sebagai tempat peristirahatan, Taman Sari di Jogja ini juga memiliki fungsi untuk benteng pertahanan terakhir pihak Keraton ketika musuh menyerang.

Cerita Dibalik Taman Sari di Mata Masyarakat

Pada dasarnya Taman Sari bisa disebut sebagai kebun Istana. Namun, bagi masyarakat Yogyakarta, Taman Sari di Yogyakarta ini lebih dari sekedar kebun Istana biasa. Taman yang berisi beberapa kolam indah ini sering dijadikan pemandian para selir raja. Pada waktu tertentu, sang Raja akan melihat para istrinya tersebut mandi dari atas menara yang telah dirancang dengan khusus. Sang Raja  lalu menunjuk salah satu selir yang dianggap beruntung karena bisa menemani aktivitas raja tersebut. Membayangkan hal ini, bisa jadi terdapat persaingan yang sangat ketat antara para selir dalam memperebutkan Rajanya.

Tour ke Taman Sari sebagai Alternatif Wisata Edukatif

Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satu cara tersebut adalah dengan berlibur di Taman Sari. Sebab, selain menambah pengalaman kita, liburan ke Taman Sari juga akan menambah wawasan kita mengenai sejarah masa lalu nenek moyang kita. Selain itu, tour ke Taman Sari tentu juga akan sangat menyenangkan karena situs budaya ini tergolong sangat indah dan menarik. Meskipun banyak kompleks taman sari yang telah berubah, namun tetap saja masih banyak sekali spot menarik di kompleks ini. Berbagai ruang bawah tanah, termasuk lorong dan masjidnya jelas akan membuat kita semakin tertarik.

TOP