BAGAIMANA CARA BOOKING

1Review/Booking Order Anda
2Konfirmasi Pemesanan Anda

Apabila ada Masalah, Silahkan hubungi kami via Email:jogjarentalmobil@gmail.com atau Tel: 087838827717. Terima Kasih ! : jogjarentalmobil@gmail.com or Tel: +62 0878 3882 7717. Thank You !

CUSTOMER SUPPORT HOURS

Monday-Friday 7:00AM - 7:00PMSaturday-Sunday 7:00AM - 9:00PM HOTLINE SERVICES Ready on 24 X 7

FORGOT YOUR DETAILS?

Gereja Ganjuran – Memuja Yesus dalam Budaya Jawa

by / April 13, 2015 / Published in Persewaan Mobil di Yogyakarta

Gereja Ganjuran Bentuk Akulturasi Budaya dan Agama

Gereja Ganjuran adalah sebuah gereja yang dibangun tahun 1927. Rumah ibadah ini tidak hanya digunakan untuk berbicara dengan Tuhan saja, namun sebagai upaya untuk memperkenalkan sosok Yesus dalam balutan busana Jawa yang bernama surjan serambi mendengarkan gamelan. Gereja ini memiliki nama lengkap Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran. Anda bisa mengunjungi gereja ini yang hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Gereja ini selain menawarkan Anda suasana religius juga menawarkan pemandangan hijau dari hamparan padi di sawah dan juga pohon pinus akan menyambut Anda ketika memasuki Desa Ganjuran, tempat gereja ini berada.

Desain Unik yang Membedakan dengan Gereja Lainnya

Gereja yang dirancang oleh seorang arsitek Belanda J Yh van Oyen sebagai salah satu bentuk semangat sosial gereja (Rerum Navarum). Desain uniknya ini menjadikan gereja ini sangat mudah dikenali dan terkenal di kota Jogja. Dalam perkembangannya, kompleks gereja ini kian disempurnakan pembangunannya dengan pembangunan candi yang dinamai Candi Hati Kudus Yesus pada tahun 1927. Candi dengan teras berhias relief bunga teratai dan patung Kristus dengan pakaian Jawa menjadi suasana yang berbeda dan unik dalam melaksanakan misa dan ziarah. Berjalan-jalan di sekitar gereja, Anda akan disambut dengan detail bangunan ini yang dirancang dengan perpaduan Eropa, Hindu, dan gaya Jawa. Gaya Eropa terlihat dari bentuk bangunan berupa salib di atas, sementara gaya Jawa terlihat dari atap membentuk tajug yang didukung oleh empat tiang kayu jati, melambangkan empat penulis Injil, Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Sedangkan nuansa Jawa terlihat pada altar, sancristi (di mana peralatan misa disimpan), doopvont (wadah air untuk baptis) dan chatevummenen (tempat guru agama Katolik). Patung-patung Yesus dan Maria yang membawa Anaknya digambarkan dengan pakaian Jawa.

Ibadah dan Wisata yang Mudah Dicapai

Jika Anda ingin melakukan kegiatan ibadah yang beda dari biasanya, dan juga sekaligus menjadi kegiatan wisata, maka Anda bisa dengan mudah mencapai gereja ini dengan salah satunya adalah menyewa kendaraan. Dengan menyewa kendaraan, Anda bisa mengajak anggota ibadah lain, sehingga kegiatan ibadah Anda akan makin bermakna.

TOP